Minggu, 12 Februari 2012

Browser


APA ITU BROWSER??

  •        Browser

Sebuah software atau aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan, mengambil dan menginformasikan semua sumber-sumber data (informasi) yang berasal dari www (World Wide Web) atau yang kita sebut ialah internet.

  •        Browsing

Seseorang yang sedang menjelajahi suatu situs di internet.
Browser terbagi menjadi dua, yakni :

    1)  Browser PC
 Browser yang hanya digunakan pada laptop atau computer.

    2)Browser Mobile
 Browser yang hanya dapat digunakan pada HP, PDA, dan sejenisnya.
Berikut ini ialah macam-macam browser yang ada dikenal di dunia ini, yakni sebagai berikut :

    1)  Dillio Browser
 Dillio browser ini awal perilisan pada Desember 1999. Didirikan oleh Jorge Cid Arellano, Dillio ini merupakan browser berbasis bahasa pemrograman C. Mampu melakukan dengan baik bahkan pada 486 Intel prosesor dengan koneksi internet dial up.
Tujuan utamanya adalah untuk mendemokratisasikan akses ke informasi. Untuk tujuan ini, ia merancang Dillio untuk menjadi kecil, cepat, dan efisien. Dillo adalah perangkat lunak bebas . Dillio adalah minimalis web browser terutama ditujukan untuk komputer lama atau lebih lambat dan embedded system.


    2)Wyzo Browser
 Dibangun dari bawah ke atas pada inti Firefox, Wyzo akan memastikan pengalaman anda yang cerdas, aman, dan tidak repot. Wyzo memungkinkan untuk menelusuri web aman menggunakan perlindungan terbaru dan teknologi keamanan. Wyzo memberi akses mudah ke semua situs media favorit untuk membuatnya mudah untuk men-download konten media dan menginformasikan teman-teman Anda tentang penemuan Anda.

   3) Arlington Kiosk
 Arlington Kiosk sebuah peramban web yang aman, dan dapat disesuaikan yang memugkinkan untuk digunakan untuk berbagai tujuan mulai dari PC, (Pengaturan Kiosk). Dikembangkan oleh perusahaan Arlington yang berbasis di Perth, Australia. Untuk menjelajahi situs-situs yang memiliki regulasi, untuk akses internet penuh, dan sebagai alat presentasi. Keunggulan dalam melindungi data-data di komputer anda sehingga keamanan terjamin dibandingkan dengan menggunakan browser lain.
Browser ini merupakan browser yang tepat terproteksi dengan keamanan dan pilihan filter pada browser ini yang cukup baik.

    4)Links Browser
 Links ini dikembangkan oleh Mikulas Patocka di Ceko. Awal dirilis tahun 1999, lalu dikembangkan versi 2 dari browser links. Modus grafis bekerja pada Unit System tanpa X atau lingkungan jendela lain. Browser ini menampilkan grafis, membuat font dalam ukuran yang berbeda, dan mendukung Javascript.

   5)Palary Browser
 Browser Palary mendukung semua macam seperti  css, cookie, sejarah dan bookmark,  tidak semua menggunakan ajax tanpa secara langsung berkomunikasi dengan situs anda. Keuntungan utama atas teknologi klasik :
·       Browser Palary memungkinkan anda mengambil bookmark dan anda memberikan pengalaman browsing web jauh lebih nyaman.
·       Browser Palary oleh JavaScript menonaktifkan di halaman web. 
·       Browser Palary meningkatkan privasi di segala bidang.
·       Menempatkan batasan pada informasi warga mereka dapat mengakses melalui internet.

6)Sea Monkey
 Suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mail, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman-halaman website yang menggunakan HTML. SeaMonkey 1.0 dirilis tanggal 30 Januari 2006. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh SeaMonkey Council (Dewan SeaMonkey).
SeaMonkey atau lengkapnya Mozilla SeaMonkey, dahulunya perangkat lunak ini bernama Mozilla Application Suite, yang merupakan pengembangan dari Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar).
Kelebihan Dari SeaMonkey Browser:
      Bisa berguna untuk email dan browser,
      Penterjemahan website yang berbahasa asing ke bahasa Inggris yang lebih mudah dimengerti,
      Dapat memfilter email spam ataupun virus.


    7)Konqueror
 Konqueror ini juga dapat digunakan untuk menjelajah isi komputer dan juga bisa digunakan menjadi penampil dokumen universal. Browser web ini adalah browser web standar pada Linux berbasis KDE. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE. Bisa digunakan untuk menjelajah web, Konqueror juga mendukung tabbed browsing, shell, dan mendukung penampil identitas browser yang dapat diubah ke sejumlah besar nama browser, misalnya Mozilla Firefox, dan lain lain.
Kelebihan Dari Browser Konqueror:
      Kemampuannya melakukan manajemen file lokal, serta file viewer.
      Mengedit file-file yang spesifik seperti dokumen atau file berformat Pd,
      KPart juga dapat digunakan untuk menanamkan konten multimedia pada halaman HTML.
Kelemahan Dari Browser Konqueror:
      Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu.
      Tidak dapat me-render dengan baik semua halaman web, terutama spesifik pada web browser lain.

    8)Bumper Car
 Browser ini merupakan browser Mac yang dibuat khusus untuk anak-anak.

   




 9)Amaya
 Didirikan pada Juli 1996. Amaya ini merupakan editor dan browser web multiplatform. Amaya ini sangat cocok disandingkan pada pengguna dengan keperluan kolaboratif publishing dan browsing, seperti webmaster/pemilik web.

    10)Desktop Web Browser
 Sebuah desktop web atau webtop adalah webtop mengintegrasikan aplikasi web, layanan web, client-server aplikasi, dan aplikasi pada klien lokal ke sebuah lingkungan desktop menggunakan metafora desktop. Istilah Webtop pertama kali diperkenalkan oleh Santa Cruz Operation (SCO) pada tahun 1994 untuk antarmuka berbasis web untuk sistem operasi Unix. Dengan desktop web browser ini, anda dapat melihat halaman web langsung dari desktop, dan juga menyimpannya sebagai wallpaper.

 11)Slim Browser
 SlimBrowser ini merupakan browser berukuran kecil terbaik dengan banyak fitur. SlimBrowser adalah salah satu dari dua belas browser untuk Area Ekonomi Eropa pengguna Microsoft Windows pada tahun 2010.

   
    12) iCab
 iCab ini memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihan pas untuk pengguna yang mencari browser yang bisa bekerja baik pada semua MacOS.
iCab merupakan web browser untuk Macintosh oleh Alexander Clauss, yang berasal dari Crystal Atari Browser (CAB) untuk KL Atari komputer yang kompatibel.
 
    13)Lolifox
 Lolifox ini merupakan browser web untuk pecinta animasi dengan banyaknya animasi menarik. Kelebihannya punya banyak search engine termasuk google, yahoo, MSN, Tokyo Toshokan, Hongfire, dan website anime lain dan kelihatannya di versi berikutnya akan ditambah.

    14)Shenz Browser
 Browser shenz ini merupakan browser dengan fungsionalitas yang hampir sama seperti Internet Explorer. Shenz Browser adalah tab multi-situs web browser dari FlashPeak yang menggunakan Microsoft layout engine Trident .


15)Sunrise
 Browser open-source untuk Mac yang berbasis pada framework webkit. Memiliki kecepatan yang sangat cepat.

   






    16)Shiira
 Shiira  Jepang untuk ikan lumba-lumba umum  adalah open source web browser untuk Mac OS X sistem operasi .  Dengan berkonsentrasi pada perlengkapan web untuk bahasa, Shiira menjadi Browser Mac dengan dukungan pada 12 bahasa.
Menurut pengembangnya untuk memimpin Makoto Kinoshita, tujuan Shiira adalah "untuk menciptakan sebuah browser yang lebih baik dan lebih berguna daripada Safari ". ini adalah salah satu browser yang tercepat dan paling fungsional bagi pengguna mac os x. memiliki efek transisi halaman yang hanya berfungsidi tiger, memungkinkan anda untuk beralih di antara halaman seolah-olah anda sedang membaca buku.

    17)Off By One Browser
 Off By One Browser Web mungkin terkecil dan tercepat di dunia web browser dengan dukungan penuh HTML 3.2. Ini adalah benar-benar mandiri, aplikasi yang berdiri sendiri 1.1MB tanpa dependensi pada setiap browser lain atau komponen browser.

    18)Arachne
 Arachne Browser didirikan oleh Michal Polak dan contributor, awal rilis 22 Desember 1996.Arachne adalah layar penuh internet suite yang berisi grafis web browser , klien email , dan dialer. Arachne awalnya diciptakan oleh Michal Polak, kemudian diganti namanya menjadi Arachne Labs di C bahasa dan dikompilasi menggunakan Borland C + + 3.1 compiler, tapi sejak itu telah dirilis di bawah GPL sebagai Arachne GPL.

 19)Hot Java Browser
 HotJava adalah browser pertama yang mendukung applet Java , dan platform yang demonstrasi Sun untuk teknologi baru. Pada tahun 1994, sebuah tim pengembang Java mulai menulis WebRunner, yang merupakan tiruan dari internet browser Mosaic . Demonstrasi publik pertama WebRunner itu diberikan oleh John Gage dan James Gosling di Desain Teknologi Hiburan Conference di Monterey, California pada tahun 1995. Berganti nama HotJava, secara resmi diumumkan pada Mei tahun yang sama pada konferensi SunWorld. HotJava memiliki sebuah fungsionalitas yang agak minim dan terbatas dibandingkan dengan browser-browser lain pada masanya akibatnya browser tersebut memiliki kinerja yang lambat.

    20)Epiphany
 Epiphany adalah web browser untuk desktop GNOME. Tujuannya adalah untuk menjadi sederhana dan mudah digunakan. Epiphany adalah perangkat lunak gratis.
Kelebihan :
      Adanya New tab history preservation. Ketika membuka link ke tab baru, history dari tab awal (sebelumnya) tetap ikut,
      Semua history website yang telah dikunjungi di tab awal ada di tab yang baru,
      Menyediakan tampilan yang elegan, responsif dan tidak rumit,
      Diterjemahkan ke lebih dari enam puluh bahasa,
      Software bebas,
      Terjaminnya informasi yang dimasukkan pada halaman Web ditransmisikan dengan aman,
      Dapat memblokir jendela popup,
      menolak cookie dari situs yang tidak dipercaya,
      menyimpan password di tempat yang aman.
Kekurangan :
      Pengoperasian berbeda dengan Firefox,
      Hanya untuk sistem operasi Linux,
      Tidak dapat menggunakan Extension Firefox
      Untuk dapat menjalankan Epiphany, harus memiliki   aplikasi   lain   terinstal di   komputer.

    21)Omni Web
 OmniWeb pada awalnya dikembangkan oleh Omni Group, dan dirilis oleh Desain Mercusuar untuk NextStep platform pada 17 Maret 1995 setelah waktu pengembangan hanya satu bulan. OmniWeb dikembangkan dan dipasarkan oleh Grup Omni . OmniWeb adalah browser WebKit yang diciptakan oleh orang yang sama yang menciptakan OmniGraffle dan OmniOutliner. Omniweb memiliki semua fitur browser standar (tabbed browsing, bookmark, dan ad blocking). Untuk pengguna Mac yang menginginkan browser yang efisien dan mudah digunakan.
Keunggulan :
      Menampilkan thumbnail situs,
      mengingat tab dan jendela yang dibuka,
      menyimpan workspace, kemampuan menyunting HTML
Kekurangan :
      Kurangnya dukungan RSS

    22)Internet Explorer
 Windows Internet Explorer adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus for Windows 95 di Inggris pada saat itu. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web.
Kelebihan :
      support untuk kegiatan apapun jarang mengalami error,
      Konektivitas yang stabil,
      Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox,
      Internet Explorer lebih bisa memberikan tool-tool yang tidak diperlihatkan oleh web browser lain,
      Menambah fitur keamanan tambahan,
      IE juga kompatible dengan bahasa pemrograman web seperti ASP, JAVA, PHP, dan Javascript.
      Tampilannya lebih elegan dan menarik,
Kekurangan :
      Menjadi target hacker,
      Lambat sat membuaka awal jendela IE,
      Gagal membaca script khususnya CSS di beberapa halaman situs,
      Dalam download, browsing, dan upload dikatakan lambat.

23)Camino
 Open source web browser dikembangkan pada experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino menyajikan pengalaman mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko. Camino hanya dapat diinstal menggunakan Sistem Operasi Mac.

24)Netscape Navigator
 Browser web yang terkenal era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer yang dibuat oleh Netscape Corporation. Netscape memang lebih baik dibandingkan beberapa browser berbasis grafis lainnya pada saat itu. Browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications), karena pembuat NCSA atau yang dikenal dengan Marc Andressen ialah pendiri Netscape Corporation.
Keunggulan :
      Web browser yang stabil jika digunakan untuk download, surfing, dan upload,
      Gagasan bagi browser Mozilla Firefox,
      Browser ini support pada Javascript programming.
Kelemahan :
      Secara GUI (Graphical User Interface) browser ini kurang baik (kasar).


 25) Flock
      Flock adalah sosial browser yang dibuat oleh mozila. Flock ini merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox. Flock menggunakan engine yang sama dengan Firefox, sehingga dari sisi tampilan sangatlah mirip. Bagi pengguna Firefox tidak akan kesulitan dalam menjinakkan web browser baru ini.
Kelebihan :
      Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial,
      Dapat langsung cek email ke webmail,
      Upload foto ke layanan situs social menggunakan menu photo uploader,
      Update status Facebook langsung tanpa membuka website dan juga mengetahui update status teman,
      Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor,
      Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda.
Kekurangan :
      Flock membutuhkan resources yang lebih besar,
      Skin Flock pun saat ini masih terbatas, tapi jangan khawatir, perkembangannya bakal sepesat Firefox,
      Memulai Flock untuk pertama kalinya agak lama.

 26)Swift
 Swift adalah browser berbasis komunitas sosial dan dengan mengedepankan kemampuan untuk integrasi dengan email, chat, dan website-website sosial populer lain seperti Friendster, MySpace, FaceBook, dan sebagainya.

 27) Opera
 Browser web opera ini merupakan browser yang keren, cepat dan aman.
Kelebihan :
      Tampilan terlihat canggih dan modern,
      Memiliki konten khusus yang dapat dijalankan melalui HP dengan nama “opera Mini”,
      Fitur tabs jauh lebih unggul dibanding browser lain,
      Memiliki email client tersendiri,
      Paling cepat mengunduh,
      Bisa mencagah virus yang masuk,
      Pemanggilan Cache dengan tepat,
      Dilengkapi perangkat untuk memblokir iklan pop up,
      Pembuka email menyatu,
      Ringan, cepat, dan gesit,
      Mudah mengubah tampilan.
Kekurangan :
      Untuk meng-updatenya perlu file masternya terlebih dahulu,
      Agak lambat dalam mebuka halaman situs tertentu,
      Supported yang masih memiliki kekurangan,
      Sering terjadi masalah dalam membuka situs-situs tertentu.

28)Safari
Safari ini merupakan browser terbaik untuk pengguna Mac.
Kelebihan :
      Tampilan simple,
      Delapan kali lebih cepat dibanding dengan browser lainnya,
      Dilengkapi juga dengan Cover Flow yang membuat tampilan bookmark dan history browser,
      Mendukung format modern web berbasis HTML 5 yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera.

29)Mozilla Firefox
 Nama awal Firefox ialah Phoenix dan kemudian dikenal sebagai Mozilla Firebird, ialah penjelajah platform gratis yang dikembangkan Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum pelirisan versi 1.0 pada 9 November 2004, firefox telah mendapatkan sambutan dari media. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber open source yang paling banyak digunakan diantara pengguna rumahan.
Kelebihan :
      Browser dengan fitur menjelajah internet dengan tab,
      Browser perkembangannya paling pesat dan jumlah pengguna terus meningkat,
      Keamanan Firefox lebih handal dibandingkan dengan browser lainnya,
      Memiliki konfigurasi yang banyak,
      Ukuran aplikasi yang relative kecil sekitar 4,7 MB,
      Secara otomatis penghentian browser yang telah terintegrasi dalam penginstalan awal dan mematahkankan pembatasan pengguna,
      Penampilan halaman awal yang lebih ringkas,
      Updatenya mudah,
      Menjangkau sebuah site yang tidak dapat dijangkau oleh browser lain.
Kelemahan :
      Sangat lama dalam menjalankan program pertama kali,
      Saat menjalankan progam pertama kali, biasanya browser ini tidak berfungsi optimal bila ditambahkan addons,
      Karena jumlah penggunanya yang banyak para crackers mulai membidik browser ini,
      Tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol submit di layar.

30)   Google Chrome

Chrome dirancang agar berjalan secepat mungkin. Cepat dimulai dari desktop, memuat laman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengan cepat.
Kelebihan :
      Sistem keamanan (security) kuat,
      Cepat dan gesit saat membuka jendela awal maupun tab baru,
      Memiliki modus penyamaran,
      Desain halaman simple dan unik dengan teknologi canggih agar dapat diakses dengan mudah,
      Tampilannya nyaman bagi pengguna,
      Updatenya mudah,
      Setiap tab yang dibuka memiliki proses yang terpisah, sehingga saat error pada salah satu tab, tab lain tidak akan error juga.
      Mempunyai fungsi pencarian yang baik,
      Browser anti penipuan, yaitu dengan menebalkan domain sebuah website yang dianggap bukan merupakan website resmi.
Kelemahan :
      Saat membuka 40 hingga 50 tab, dalam satu halaman maka loading browser melambat,
      Fiturnya kurang banyak,
      Instalnya harus online,
      Adanya luang kecil pada chrome, sehingga membuat browser ini menjadi crash,
      Akan ada kejanggalan dalam bahasanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More